Pages

Selasa, 25 September 2012

SADAKO

Sadako adalah sosok hantu yang sudah cukup terkenal. Hantu ini berasal dari Jepang. Hantu wanita ini biasanya muncul dengan cara yang aneh tapi modern, yaitu melalui televisi. Wujud Sadako hampir mirip dengan kuntilanak. 

Sadako ini adalah salah satu korban bom atom Amerika, pada saat itu umurnya 2 tahun, nama aslinya Sasaki Sadako (佐々木 禎子), lahir 7 Januari 1943. Tetapi ia tidak meninggal pada peristiwa itu. Efek dari ledakan itu menyebabkan sebuah luka di belakang telinganya (kalau tidak salah) dan divonis dokter mengidap leukimia.

Suatu hari teman baik Sadako,yaitu Chizuko Hamamoto menjenguknya di rumah sakit. Chizuko memotong kertas lipat emas dan membuat origami bernama Cranes (burung bangau kertas). Chizuko mengatakan jika dapat membuat 1000 Cranes maka permintaan apapun akan dikabulkan. Sejak itu Sadako mulai menghabiskan waktunya di RS untuk membuat Cranes. Tapi dia sering kekurangan kertas, dia berusaha dengan meminta-minta pada pasien lain atau orang lain. Kondisinya makin memburuk. Jadi, pada Cranes ke 644 dia meninggal pada 25 Oktober 1955.




Setelah kematiannya, para teman sekelas dan sahabat Sadako menerbitkan kumpulan surat untuk menggalang dana demi pembangunan suatu monumen untuk mengenangnya dan seluruh anak yang meninggal dunia karena dampak bom atom. Tahun 1958, sebuah patung Sadako yang memegang burung bangau emas dipajang di Taman monumen perdamaian Hiroshima, yang juga disebut Genbaku Gome. Di kaki patung ada plakat yang berbunyi sebagai berikut:





これはぼくらの叫びです これは私たちの祈りです 世界に平和をきずくための

(Kore wa bokura no sakebi desu. Kore wa watashitachi no inori desu. Sekai ni heiwa o kizuku tame no.)

"Ini adalah seruan kami. Ini adalah doa kami. Untuk membangun kedamaian di dunia."



0 komentar:

Poskan Komentar